Menu diet karbohidrat yg berjenis karbohidrat kompleks

7 contoh menu diet karbohidrat kompleks

Karbohidrat memiliki peran penting dalam diet kita, selain sebagai sumber energi utama, karbohidrat juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sama seperti halnya protein. Tapi tidak semua karbohidrat bisa memberikan efek kenyang yg lama, sebelumnya Anda perlu tahu jenis karbohidrat terbagi jadi 2, yaitu :

  1. Karbohidrat simple
  2. Karbohidrat kompleks

Yang memberikan efek kenyang lebih lama adalah karbohidrat kompleks, jadi seharusnya dalam menu diet Anda sehari-hari, Anda menyertakan karbohidrat ini.

Berikut jenis-jenis makanan atau sumber karbohidrat kompleks:

1. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh merupakan salah satu sumber karbohdidrat kompleks yang banyak kita temukan di pasaran. Tetapi, Anda harus selalu waspada karena roti gandum yang ada belum tentu baik bagi kesehatan, dan hanya mengandung sedikit serat. Lihat kemasan di dalam roti gandu tersebut, jika Anda menemukan tepung terigu, gula fruktosa, perasa buatan, dan sirup jagung maka jangan membelinya.

2. Bijirin gandum atau gandum utuh

Mengkonsumsi bijirin gandum membuat Anda mendapatkan manfaat utama dari karbohidrat kompleks, karena gandum utuh belum mengalami pengolahan lanjutan layaknya pasta dan roti putih. Dengan mengkonsumsi gandum utuh, maka Anda akan memperoleh rasa kenyang yang jauh lebih lama, dan metabolisme meningkat. Mengapa demkian? Karena tubuh akan memerlukan banyak energi untuk memprosesnya.

3. Kacang-kacangan

Kacang merah, buncis, kedelai, dan kacang polong membuat perut Anda kenyang dengan segera, serta dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Ketahuilah bahwa kacang-kacangan mengandung folic acid, serat, vitamin, serta dua elemen penting dalam diet yaitu protein dan karbohidrat kompleks. Anda bisa mendapatkan manfaat terbaiknya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan segar dan tanpa bahan pengawet.

4. Oatmeal

Oatmeal termasuk salah satu sumber karbohidrat kompleks yang paling terkenal. Memiliki kandungan indeks glikemik rendah dan merupakan pilihan diet terbaik. Agar tidak bosan dalam mengkonsumsi oatmeal, Anda bisa menambahkan kayu manis, susu skim rendah lemak, dan satu sendok madu. Tambahkan pula kacang merah, almond, atau potongan pisang jika Anda menyukainya. Terapkan oatmeal untuk diet ketika sarapan sebagai bentuk pola makan sehat untuk diet Anda.

5. Sayuran mentah

Ini adalah sumber terbaik yang memberikan karbohidrat sehat, nutrisi penting seperti zat besi, vitamin serta potassium. Juga, salah satu yang dibanggakan dari sayuran adalah kandungan seratnya yang tinggi. Syuran pada umunya juga rendah kalori dan mengandung lemak baik sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan Anda. Konsumsilah sayuran dengan beragam warna seperti wortel, yam, tomat, brokoli, dan salada.

6. Kacang dan biji-bijian

Kacang almond, hazelnut, dan walnut serta berbagai biji-bijian lainnya merupakan sumber protein yang baik dan mengandung lemak sehat sebagai alat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang mengalami peningkatan, tentu berdampak langsung pada penurunan berat badan Anda. Juga, Anda disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks dengan berbagai sumber protein nabati demi penurunan berat badan yang lebih baik.

7. Ubi manis

Perlu Anda ketahui bahwa ubi manis meemerlukan waktu yang lama untuk dicerna tubuh. Dengan cara itu, gula darah Anda akan tetap stabil. Selain berkontribusi karena kandungan karbohidrat kompleksnya, ubi manis juga memiliki kandungan vitamin c, serat, dan potassium yang tinggi. Manfaat ubi manis juga akan lebih terserap apabila Anda mengkukusnya. Hindari melakukan penggorengan terhadap ubi karena nutrisinya bisa rusak.

Dengan menyertakan menu diet karbohidrat kompleks setiap hari, maka Anda akan mengurangi keinginan ngemil Anda, sehingga tujuan Anda memiliki tubuh yang lebih langsing dan sehat pun bisa cepat tercapai.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>